Minggu, 10 Februari 2013

Cara Agar Tetap Termotivasi


Memang menyenangkan ketika inspirasi bisa selalu datang dari hal-hal terkecil di sekitar dan kamu terus produktif.

Namun ada kalanya kamu tidak mood melakukan apapun juga, padahal kamu butuh motivasi untuk mengerjakan tugas atau membuat sebuah karya.

Berikut adalah 9 tips untuk menumbuhkan motivasimu meskipun kamu sedang tidak mood atau kehilangan inspirasi.

1. Rancang visimu

Salah satu alasan terbesar mengapa kita kehilangan motivasi adalah kita kehilangan hubungan dengan visi kita. Khususnya visi mengenai apa yang kita ingin capai. 

Tentukan apa yang ingin kamu capai, ciptakan alasan kamu bisa mengerjakannya serajin mungkin, buatlah goal.

2. "Mengapa"

Ketika kita kehilangan motivasi, kita sering tidak menemukan alasan mengapa harus melakukan apa yang biasanya/ingin kita lakukan.

Cobalah untuk menciptakan alasan yang diperuntukkan bagi orang lain. Membantu orang lain adalah proses yang berkesinambungan dan membuatmu terus mencari cara-cara baru menyediakan solusi bagi masalah tertentu.

3. Buat deadline

Berikan dirimu sendiri batas waktu untuk menyelesaikan sesuatu. Kerjakan sebanyak mungkin dalam jangka waktu tertentu. Dan lihatlah apa yang bisa kamu capai dalam keadaan "kepepet."

4. Beristirahat

Terkadang kehilangan motivasi tanda bahwa kamu harus mengambil waktu istirahat. Bangkitlah dari depan komputer, pekerjaan rumah, pergilah keluar dan menghirup udara segara.

Perhatikan sekelilingmu, cobalah untuk menghargai setiap hal kecil, mengobrol dengan teman, tetangga, nonton film dengan sahabat atau pacar. Beristirahat akan memberimu energi serta inspirasi baru.

5. Lakukan pekerjaan yang kamu cintai

Terkadang apa yang harus kita lakukan bukanlah apa yang kamu cintai.

Jika kamu merasa hampa mengerjakan sesuatu, buatlah rencana untuk meninggalkannya. Tidak ada gunanya melakukan hal yang tidak kamu cintai sendiri.

Kerjakan apa yang paling membuatmu merasa senang melakukannya. Carilah cara agar kecintaanmu itu dapat membantu orang lain juga.

6. Baca tulisan motivasional

Bacalah buku-buku atau situs dan blog motivasional. Ini berguna untuk mengingatkanmu mengapa kamu melakukan apa yang kamu lakukan.

Lihat halaman Tentang, di akhir tulisan kamu bisa menemukan sejumlah situs motivasional dan pengembangan diri yang bisa kamu cicipi.

7. Berkompetisi

Masukilah lingkungan yang kompetitif agar memicu semangatmu. Kumpulkan teman atau rekan sejawat yang melakukan hal yang sama denganmu, bandingkan pencapaian kalian dalam jangka waktu tertentu.

8. Bergaul dengan orang yang termotivasi

Sadarkah kamu ketika berada di sekitar orang-orang yang positif, getaran mereka akan menyentuhmu secara alami juga. Kamu akan merasa termotivasi dan tergerak untuk bertindak.

Berkumpullah bersama teman atau orang-orang positif. Bookmark dan bacalah blog-blog yang berisi hal-hal positif, menyenangkan dan memotivasi.

9. Ingat hal-hal yang kamu syukuri

Bisa jadi keluargamu, teman-temanmu, pasanganmu, kesehatan, kehidupan... Buatlah daftar hal-hal yang kamu syukuri. Simpanlah dalam bentuk file komputer atau buku jurnal/diary. Sadari ada banyak orang yang belum memiliki hal-hal yang kamu miliki sekarang.

Kapanpun kamu merasa kehilangan motivasi, lihatlah kembali daftar ini untuk mengingatkanmu mengapa hidup layak diperjuangkan.

10. Stok Ide

Buatlah daftar stok ide hal-hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan. Entah itu berkunjung ke tempat tertentu, membuat karya seni tertentu, atau draft tulisan.

2 komentar:

  1. Terimakasih banyak telah membuat saya lebih percaya diri unt semua artikel di web ini

    BalasHapus