Jumat, 23 Desember 2016

Cara Mengalahkan Procrastination

Ketika mencari cara agar cepat menyelesaikan pekerjaan tanpa menunda-nunda, kebanyakan orang mencari motivasi untuk menyemangati diri agar menyelesaikan tujuannya. Entah itu menyelesaikan tugas kuliah atau pekerjaan kantor yang harus diserahkan besok.

Tapi seringkali kita malah keasyikan mencari penyemangat dan motivasi tapi justru lupa menyelesaikan pekerjaannya.

Cara terbaik untuk keluar dari jebakan menunda-nunda pekerjaan adalah berusaha menjaga agar kita tetap merasa familiar dengan pekerjaan tersebut, bukan menjauhinya dan mencari-cari alasan.

1. Istirahat yang cukup


Pastikan kamu sudah cukup istirahat sebelum memulai pekerjaan. Jika memungkinkan, curi waktu 30 menit hingga 1 jam untuk tidur sebelum melanjutkan pekerjaan. Gunakan alarm di hp supaya tidak ketiduran.

Kamu akan merasakan manfaat tidur terhadap daya konsentrasi kamu saat melewati jam-jam berikutnya untuk menyelesaikan pekerjaan.

2. Tetapkan target
 

Ciptakan target untuk menyelesaikan pekerjaan dalam waku tertentu.

Misalnya, jika kecepatanmu saat ini adalah 1 halaman makalah dalam 1,5 jam, sekarang buatlah tantangan untuk menyelesaikan 3 halaman dalam satu jam.

Pilih bagian-bagian penting dari pekerjaanmu, lalu beri batasan waktu pengerjaan untuk masing-masing bagian tersebut. Jika memungkinkan, beri kuota waktu di akhir pekerjaan untuk memeriksa dan mengedit jika ada yang harus diperbaiki.

3. Suplai air dan energi
 


Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah cara yang baik untuk membantumu menyelesaikan pekerjaan. Air akan memberi suplai oksigen kepada otak sehingga menjaga pikiran tetap segar.

Makanlah makanan sehat yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti gandum, oatmeal, dan kacang-kacangan untuk memberimu energi yang konstan dan tak cepat habis.

Bila perlu, minum suplemen seperti vitamin B kompleks, asam folat, dan niasin dapat mendorong proses metabolisme energi. Sumber alami vitamin B dan niasin ada dalam kunyit, yang juga tersedia dalam bubuk sehingga bisa dibuat minuman dengan tambahan madu atau susu.

4. Setiap hal kecil adalah bagian dari produktivitas

 
Meskipun kita ingin tetap produktif sampai pekerjaan selesai, kamu tidak harus bekerja non-stop tanpa jeda sedetikpun. Di sela-sela waktu kita pasti butuh mengistirahatkan tubuh dan pikiran.

Entah itu memejamkan mata sebentar, melamun, atau menonton sebuah video lucu di Youtube, selama itu tidak terlalu jauh dari semangat bekerja dan tidak memakan waktu terlalu banyak dari target, semua hal yang membantumu rileks dan berenergi bisa kamu sebut sebagai bagian dari produktivitas.

Afirmasi ini akan membuat kamu take pride atau merasa bangga dengan setiap pencapaian kecil dalam tugas dan pekerjaanmu, dan membuat kamu setia kembali pada pekerjaan karena sekarang kamu sudah tahu cara menjalaninya dengan disiplin yang kamu buat sendiri.

Semoga 4 tips ini membantu kamu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar